Daya Tarik Kesenian

Selain obyek wisata yang berupa bangunan, dibali sangat terkenal dengan keseniannya yaitu seni tari, seni lukis, seni rupa dan beberapa jenis upacaraadat  keagamaan.  Seni tarinya antara lain tari kecak, tari legong, tari baris, tari rejang, tari arja dan jenis tarian lainnya. Seni lukisnya berupa seni tradisional dan seni modern. Seni rupanya berupa beberapa jenis patung dan kerajinan baik dari bahan kayu, logam atau bukan logam. Sedangkan upacara adatnya antara lain upacara ngaben, piodalan di pura – pura dan potong gigi. Karena jenis kesenian Bali yang beraneka ragam dapat menarik wisatawan banyak berkunjung ke Bali untuk menyaksikan kesenian Bali ini.

Tari Pendet salah satu kesenian menarik wisatawan berkunjung ke Bali

Bali sebagi tujuan wisata dunia, tentunya karena memiliki daya tarik, salah satunya karena seni budayanya, seperti seni tari, salah satunya tari pendet, yang pada awalnya dipentaskan untuk menyambut turunya para Dewa pada upacara keagamaan. Kemudian seiring dengan peubahan waktu dan perkembangan zaman, pertunjukan tarian pendet ini oleh para seniman di Bali juga sebagai sambutan selamat datang kepada tamu-tamu, sambil menaburkan bunga. Biasanya tarian ini ditarikan berpasangan oleh beberapa remaja putri, yang membawa bokor (seperti mangkok) yang berisi bunga dan beralaskan rumbaian hiasan janur, ditarikan dengan lemah gemulai mengikuti irama gamelan sebagai pengiringnya.

Jika ingin menyaksikan tarian ini, memang agak susah ditemukan, tapi biasanya dipentaskan pada upacara pembukaan seperti perhelatan besar, untuk menyambut para tamu, atau tarian pertama yang pentas sebelum acara selanjutnya. Tari pendet (memendet) diperagakan di pura-pura adalah merupakan tarian sakral, yang gerakanya lebih sederhana dibandingkan yang dipentaskan di luar pura, pada saat upacara tari pendet ini dibawakan secara berkelompok atau berpasangan, ditampilkan setelah tari Rejang di halaman pura dan biasanya menghadap ke arah suci (pelinggih) dengan mengenakan pakaian upacara. Tari pendet bias disaksikan di Taman Wedhi Budaya yaitu  tempat kesenian seperti pertunjukkan tari kecak dan sekaligus tempat festival kesenian bali diadakan.

Sumber :

http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/132314541LILI_SOMANTRI/makalah_bali.pdf

http://wisata.balitoursclub.com/tari-pendet

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: